Beranda / Budaya / Kampung Gunung Leutik Siap Membawa Nama Baik Desa Kiarasari di Bidang KRL

Kampung Gunung Leutik Siap Membawa Nama Baik Desa Kiarasari di Bidang KRL

Kampung Ramah Lingkungan (KRL) merupakan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan mulai dari memilah dan mengolah sampah, melakukan penghijauan, serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga sanitasi dengan baik.

Kegiatan KRL lebih meliputi pada kegiatan keseharian masyarakat terutama dalam bidang kebersihan.

Setelah mendapatkan penghargaan Best Of The Best di tahun lalu, kampung Gunung Leutik desa Kiarasari kembali mewakili kecamatan Sukajaya dalam lomba KRL (Kampung Ramah Lingkungan) tingkat kabupaten Bogor.

Program KRL di tahun kedua ini masyarakat kampung Gunung Leutik membuat kebun tanaman obat secara swadaya melalui gotong royong. Antusiasme warga yang begitu besar terlihat pada saat kerja bakti yang diadakan setiap hari Jum’at. 


Agar lebih efektif, ibu Iroh Rosmala selaku pengurus KRL kampung Gunung Leutik mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan ini dengan cara bersosialisasi dan melalui acara pengajian-pengajian. “Dengan diadakannya program KRL ini, masyarakat merasa sangat terbantu terutama dalam segi kebersihan, kesehatan, ataupun penghijauan” tutur ibu Iroh. (Ju’mat, 26/07/2019)

Dukungan pemerintah desa Kiarasari pun sangat baik, salah satunya dengan diberikannya beberapa bantuan dari desa seperti polybag dan bibit-bibit tanaman untuk mengisi halaman rumah yang kosong. Kini disetiap rumah warga sudah dapat dilihat adanya tanaman seperti bakung, cabai, sayuran, dll yang terlihat rapi dan indah.

Selain mendukung program KRL, tanaman yang ada di halaman rumah juga dimanfaatkan warga kampung Gunung Leutik untuk dijadikan bahan masakan bahkan dijual.

Harapan warga semoga tahun ini kampung Gunung Leutik dapat lebih meningkat dan kembali memperoleh penghargaan seperti tahun sebelumnya. Serta dapat mengharumkan nama kecamatan Sukajaya terutama desa Kiarasari sebagai desa wisata yang MANIS (Mandiri, Agamis, Newsystem, Inovatif, dan Sehatsejahtera)

Lihat juga

Gelar Takbiran dengan Pawai Obor Bersama RMA Kp. Pasir Pari

Dalam rangka menyambut hari raya Idhul Fitri Remaja Masjid At-taqwa (RMA) kampung pasir pari, mengajak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *